Kanal

Jamaah Musala  Miftahul Jannah Desa Sungai Liti Sambut Muharram Dengan Kolak 10 Jenis

KAMPAR (Sunting.co.id) - Perayaan Hari Besar Islam sangatlah banyak yang dibuat dengan berbagai acara di berbagai daerah, salah satunya adalah peringatan 10 Asyura atau 10 Muharram. 

Tahun ini, ibu-ibu jemaah Musala Miftahul Jannah Desa Sungai Liti, Kecamatan Kampar kiri memperingati 10 muharram dengan membuat konji atau kolak/cendol isi sepuluh jenis bahan. Di antaranya jagung, pisang, ubi jalar, singkong, nangka, talas, kacang hijau, labu, sagu, dan pulut hitam. Kegiatan yang dikomandoi oleh Rosmiati (54) ini dilaksanakan, Jumat (28/7/23). 

“Buat konji sepuluh macam ini sudah rutin kami agendakan setiap tahun, dengan cara patungan bersama ibu-ibu lain dan mengerjakan secara bersama-sama. Bahannya juga patungan, bagi yang punya di rumah masing-masing dikumpulkan” terang ibu lima anak ini. 

Pembuatan konji ini dimulai seyrlah Jumat di halaman musala Miftahul Jannah.  Setelah masak dibagi sesama anggota yang ikut patungan atau iyuran tadi. Selebihnya diserahkan ke jamaah musala untuk buka puasa bersama. 

“Nanti magrib kita bawa ke musala untuk buka puasa  bersama jamaah laki-laki “ tutup Sirut panggilan Akrab Rosmiati.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER